Entah
anda perhatikan atau tidak, hampir di sepanjang rel kereta api biasanya
terdapat batu kerikil yang terletak di bawah dan pada samping kanan dan kiri
rel kereta api. Batu kerikil ini memang sengaja disebar di sekitar rel kereta
api tersebut. Dan ternyata batu kerikil ini memiliki fungsi yang sangat penting
untuk menunjang keberadaan rel kereta api yang berdiri di atasnya.
Fungsi Batu Kerikil pada Rel
Kereta Api
Fungsi
batu kerikil pada rel kereta api yang pertama adalah sebagai bantalan pemberat.
Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil.
Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik.
Batu
kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi
ketika kereta api tengah lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta
api melintas dapat dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan
dapat digunakan untuk waktu yang lama.
Fungsi
berikutnya yaitu untuk menahan dan memperlancar aliran air di saat hujan.
Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada
tanah di sekitar rel kereta api. Dimana bila hal ini terjadi maka dapat
menyebabkan kecelakaan serius bagi kereta yang melintas seperti kereta anjlok
dan yang lainnya.
Dan
yang terakhir, batu kerikil juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya
rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya rerumputan di sekitar rel dapat dapat
secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan penggemburan tanah di
bawahnya. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel
tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.
Mengapa di Beberapa Tempat
Tidak Terdapat Kerikil
Seperti
yang kita lihat pada beberapa tempat, ada posisi-posisi tertentu dimana di
bawah rel kereta api tidak terdapat batu kerikil. Seperti rel kereta api yang
terdapat di atas jembatan atau jalan raya, dimana tidak terdapat satu butir pun
batu kerikil yang sangat berperan penting bagi keberadaan rel kereta api. Hal
ini terjadi karena semua fungsi dari batu kerikil tadi sudah diambil alih
fungsinya oleh mekanisme lain.
Pada
jembatan kereta api, jembatan sudah dirancang khusus sedemikian rupa supaya
dapat menahan getaran yang akan terjadi yang dihasilkan ketika kereta melintas.
Demikian pun dengan rel kereta yang terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah
menggantikan peranan batu kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat
tersebut, tidak diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan di bawah rel
kereta api.
No comments:
Post a Comment