December 6, 2012

Apa Kabar Battery Laptopmu?


Bagi para pengguna komputer jinjing alias laptop/ netbuk, pasti nantinya menghadapi yang namanya battery drop. Terkadang mungkin kita bingung, kenapa bisa dan harus bagaimana. Banyak info, yang meyebutkan sebaiknya battery dicopot ketika terhubung ke listrik, dsb.

Berikut ini, berbagai hal-hal yang perlu diketahui tentang battery laptop :
>    Saat pertama kali membeli laptop, charge baterai sekitar 8 – 10 jam, karena baterai yang tidak dipakai dalam jangka waktu lama (digudang) sebaiknya di cas terlebih dahulu. Charging awal minimal 8 jam, itu untuk mencapai tegangan floating battery.

>   Setiap menggunakan laptop lebih baik jika power adaptor tetap terpasang (di charge terus) karena baterai tipe-tipe BARU SEKARANG mempunyai CONTROLL BATTERY artinya “jika Full, baterai akan stop charging (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, dan Juga tidak membuat baterai soak/kembung”.
Apakah baterai kamu ada CONTROLL BATTERY?
Tenang,kalau laptop kamu keluaran diatas tahun 1996 ke atas pasti sudah ada, kamu sekalian bisa check ke My Computer klik kanan >> Properties >> Divice Manager >> Kelik Battries jika ada tulisan Microsoft ACPI- Compliant Control Method Battrey ,berarti laptop kamu sudah otomatis baterai nya. so nggak perlu takut lagi buat charge laptop kamu.

>  Baterai jangan di KALIBRASI (pengosong isi batrei sampai habis 0%) karena banyak effeknya ke batrei (Cycle Count) .
Kalibrasi tergantung keyakinan masing, Kalibrasi itu banyak efeknya lho..
1. Cycle count berkurang 1 cycle.
Apa itu Cycle count? Kalau dalam dunia fotografi, kita pernah mendengar “shutter count”, hampir sama sebenarnya, Cycle count adalah usia baterai, jika baterai di charge kemudian di discharge(dikosongkan) akan mengurangi usia baterai. semakin sering charging (pengisian) lalu discharging (pengosongan) akan mengurangi cycle count itu. jika cycle count nya sudah melebihi batas yang ditentukan, efeknya battery drop.
2. Disaat discharge (pengosongan) tegangan battery akan menurun, dengan rumus V=I.R kita tahu jika tegangan turun, otomatis I (current) yang akan naik. Jika laptop masih baru sih bolehlah dikalibrasi karena komponen2 nya masih bagus2.. Bagaimana dengan laptop tua yang komponen2 nya sudah lemah??? ini musibah.
3. Disaat charging (pengisian) akan membutuhkan power yang sangat besar.. kembali lagi ke laptop tua, ini akan berakibat rusaknya DC/DC Converter di Mobo dan Controlling Battery di battery.
Di atas adalah efek dari recondition / kalibrasi battery.. Manfaat kalibrasi battery:
Pembacaan Battery akan sedikit nyata (bukan sempurna betul ya).

>  Jangan pernah LEPAS BATERAI (baterai jangan disimpan), apabila tiba2 listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,mobo,dll) dan mengakibatkan kerusakan laptop. Selain Itu batrei juga mengontrol arus listrik yang masuk sebelum ke perangkat yang lain.

Kenapa tidak boleh lepas baterai?? Karena kalau dicharge bukan bikin ngedrop, malah untuk mengisi battery. Dalam artian, mengisi battery di sini bukan mengisi sampe gembung ya.. tetapi mengisi kekurangan daya battery menjadi full, jika battery sudah full, tidak charging lagi, melainkan battery stand by ini disebut (floating voltage). memang jaman dahulu battery tidak memliki controller floating, yang menyebabkan battery harus dicabut setelah penuh, tapi sekarang rata-rata sudah menggunakan system itu. Menurut saya, mending battery dipasang saja ke laptop. lalu adaptornya juga wajib dipasang (adaptornya usahakan merek asli dari laptop).. kalau laptopnya sudah di shutdown cabut saja adaptornya.. Usahakan battery tidak terkena udara panas. Karena panas merupakan musuh utama baterai Lithium (Li-On) ada baiknya menggunakan perangkat pendingin notebook seperti external cooling notebook.

Baterai saya simpan (tidak dipasang di laptop) setelah beberapa waktu kok tidak bisa dipakai lagi ? Karena KATA ORANG kalau baterai mau awet lebih baik dicabut
Didalam BOARD BATTERY terdapat “self discharge/day” parameter dimana apabila battery tidak dipakai akan mengurangi “Current Capacity” di BOARD BATTERY , dimana ada minimum CURRENT CAPACITY yang di ijinkan oleh BOARD BATTERY. Apabila terlalu rendah maka BOARD BATTERY akan mengaktifkan SAFETY CIRCUIT, alias bunuh diri.

> Saat Menggunakan Baterai (portabel/tanpa di cas), hindari (Maen Game,Putar DVD/CD,Software2 Grafis Tinggi ). Jika Masih Ada Power Listrik, lebih baik laptop dicolokkan ke sumber listrik.

Demikian beberapa hal yang mungkin bisa membantu para pengguna laptop maupun yang bermaksud akan membeli laptop, semoga membantu.

4 comments:

  1. bermanfaat sekali infonya, thanks gan :)

    ReplyDelete
  2. jadi gk kuatir batre laptop leduk... nice inpo gan... thx banget... keep sharing...

    ReplyDelete
  3. terimakasih bnyak gan , sangat bermanfaat, awal nya takut pasang batre sambil di cas , setelah dipikir benar juga , klo batre g d gunain malah makin rusak dia nya

    ReplyDelete