June 10, 2012

Melakukan Uninstall Aplikasi Pada Komputer

Artikel kali ini, mungkin terbilang sederhana bagi para pengguna computer, “Melakukan Uninstall Aplikasi Pada Komputer”, tetapi semoga bisa bermanfaat bagi yang belum tahu.

Kita sebagai pengguna computer, tentunya sangat senang, apabila computer kita memiliki banyak aplikasi atau program. Entah itu game, maupun aplikasi atau software baik audio, visual, dll. Tetapi, kita tidak menyadari, bahwa setiap computer harus memiliki spesifikasi atau standar tertentu untuk dapat menjalankan suatu program. Nah, ini salah satu penyebab computer menjali lemot juga.
Tetapi, terlepas dari hal itu, terkadang kita juga suka mencoba-coba menginstall aplikasi, jika ternyata tidak cocok, kita melakukan uninstall, tetapi tidak semua orang, mengerti atau paham cara mengunintall atau gampangnya menghapus program tersebut dari computer. Ada yang dengan cara men”delete” shortcut (ikon) yang ada di desktop, atau mungkin men”delete” ikon yang ada pada menu programs, ada juga yang dengan cara, membuka Explorer > drive C > Program Files > kemudian menghapus Folder nama program yang mau di hapus.
Cara-cara di atas merupakan cara yang salah, karena hal itu tidak akan menghapus sepenuhnya aplikasi dari computer, karena ketika diinstall, mudahnya, ada bagian-bagian aplikasi tersebut yang terinstall pada sytem di drive C, bukan hanya di drive C > Program  Files. Untuk menghapus nya cara paling mudah adalah,
1. Ketika kita menginstall suatau aplikasi, biasanya aplikasi tersebut menyertakan uninstall nya, tinggal buka saja menu program (klik saja gambar windows di pojok kiri bawah), cari program yang akan diuninstall, tetapi jika tidak ada fasilitas uninstall dari program tersebut, bisa dengan cara 2.
2.Buka control panel (klik saja gambar windows di pojok kiri bawah), pilih “Program and Features”. Klik dua kali ikon program yang akan dihapus, dan ikuti petunjuknya.
atau
 3.Menggunakan bantuan aplikasi uninstall. Cara ini mungkin lebih efektif, karena ketika kita menggunakan cara kedua, sebenarnya ada jejak-jejak program (dalam registry biasanya) yang belum terhapus, dengan bantuan aplikasi khusus uninstall, akan membantu untuk menuninstall sampai mencari jejak-jejak program untuk selanjutnya dihapus. Ada banyak aplikasi untuk menguninstall, tetapi saya menggunakan aplikasi freeware yaitu “Revo  Uninstaller”. Aplikasi ini bisa dicari lewat google. Tinggal jalankan aplikasi > uninstaller > klik 2x program yang diuninstall > ikuti langkah selanjutnya.

 Sekian artikel “Melakukan Uninstall Aplikasi Pada Komputer”, semoga bermanfaat!!!

No comments:

Post a Comment