June 2, 2012

Buah Kawis

Buah kawis…siapa tahuu….???hem….mungkin jarang dengar tentang buah ini. Buah kawis merupakan sejenis buah yang bentuknya seperti buah jeruk yang besarnya + - sebesar bola bisball. Buah ini berwarna putih…agak kekuningan dan agak kecoklatan, kehijauan…, hem..(*gimana bayanginnya ya????,hehe), dan permukaan buahnya kasar. Buah ini memiliki pohon yang cukup besar, mungkin bisa tumbuh sampai 10m. Tidak seperti mangga yang berdaun lebat…pohon ini memiliki daun yang ukurannya relative kecil dan tidak terlalu lebat dan pada ranting pohonnya, terdapat duri. Buahnya terletak menggantung pada pohon dan menyebar…tidak bergerombol.

Bagian dalam buah kawis…mungkin berbeda dan jarang dijumpai pada buah yang lain….buah ini memiliki biji yang banyak dan memiliki daging buah berwarna putih…selain itu..pada daging buahnya terdapat seperti serat-serat (hampir berbentuk seperti akar)
Untuk mengetahui matang atau tidaknya…dapat tercium baunya yang wangi. Ketika matang, bagian dalam buah akan berwarna coklat kehitaman, bagi mereka yang melihat pertama kali, mungkin akan berpikir busuk tetapi sebenarnya tidak. Yang berbeda…biji buah ini bisa dimakan…karena hancur ketika dikunyah…dari rasanya pun, berbeda dengan aroma matangnya…karena rasanya mungkin agak asing di lidah…antara manis, sepet, sedangkan aroma nya bila dicium adalah harum.
Selain dari baunya, matang tidaknya buah ini ditandai dengan jatuhnya buah dari pohon, karena ketika matang, dengan sendirinya buah akan jatuh dari pohon seperti buah durian. Tetapi tidak seperti durian yang terkadang pecah jika jatuh…buah kawis memiliki kulit yang keras…sehiingga tidak akan pecah jika jatuh dari pohonnya., tidak hanya itu, untuk membuka buah ini (ko membuka???bukannya dikupas???,…, hehe) adalah dengan membanting atau memukulkan buah pada batu, hal ini karena kerasnya kulit buah kawis.
Bagi mereka yang suka,..buah ini bisa dimakan langsung, tetapi selain itu…ada juga yang dimanfaatkan untuk dibuat sebagai sirup. Buah ini bisa dijumpai salah satunya di kabupaten Rembang Jawa Tengah. Di kabupaten ini, buah kawis masih bisa dijumpai meskipun tidak banyak karena memang buah ini tidak popular seperti mangga…atau durian. Tetapi meski tidak popular…di Kabupaten Rembang…buah kawis juga diolah menjadi sirup, yang merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Kabupaten Rembang.
Sekian cerita tentang buah kawisnya…semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment