June 29, 2012

10 Besar Akses Website di Indonesia

Dari tahun ke tahun, pengguna internet semakin meningkat. Berbagai macam situs bermunculan di dunia maya, dari media social, advertising dll. Hal ini menjadi lahan baru di dunia bisnis online, banyak orang baik personal maupun lembaga yang melirik bisnis online ini. Tidak bisa dipungkiri, walau tidak semua website, dibuat dengan tujuan komersil, yang berusaha sebisa mungkin menarik jumlah viewers dan menjadikan website nya menjadi web yang banyak diakses.

Memang untuk membuat web pribadi, dibutuhkan domain yang tersedia dari yang free (misal : co.cc) sampai berbayar (misal : .com). Tetapi ada pula mereka yang memanfaatkan media blog yang tersedia yang tentunya lebih mudah pembuatan dan pengelolaannya…karena kita tidak perlu repot membuat domain yang mungkin pembuatannya sedikit menyulitkan bagi orang awam. Sekarang ini, blog yang banyak digunakan dan paling dikenal adalah blogger (dari google) dan wordpress.

Di Indonesia sendiri, situs yang paling banyak dikunjungi, berdasar situs alexa.com adalah facebook. Social media online ini ternyata dapat menarik perhatian para pengguna internet di Indonesia. Hal ini mungkin bisa dikatakan “wajar”, karena memang facebook.com sudah dapat diakses melalui ponsel sederhana, bahkan sekarang ini, dari provider (telkom dkk), menyediakan akses facebook gratis dengan alamat url, 0.facebook.com. Mungkin terasa aneh…karena ternyata di Indonesia, google sebagai mesin pencari online (sampai-sampai ada yang menyebut mbah gugel), masih kalah pamornya dengan facebook.

Berikut ini, 10 alamat  website yang paling banyak diakses di Indonesia per tanggal 28/6/2012 jam 13:50 WIB :
6. Yahoo!
8. Kaskus
9. Detik
10. Twitter

Dari ke10 website diatas Facebook dan Twitter merupakan social media, google.co.id dan google.com lebih banyak dikenal sebagai mesin pencari, begitu juga dengan yahoo selain dikenal juga sebagai news site. Blogspot dan wordpress sendiri, dikenal sebagai media blog, youtube sebagai video site. Sedangkan kaskus, merupakan website yang berisikan dari forum sampai jual beli online, dan detik lebih dikenal sebagai news site.

Ya, pemeringkatan diatas bukanlah hal yang penting, tetapi yang terpenting bagaimana kita sebagai pengguna, dapat memanfaatkan internet secara baik, bermanfaat, bijak dan sehat.

No comments:

Post a Comment