November 28, 2012

Surga Bawah Laut Pulau Sepa


Pulau Sepa di Kepuluan Seribu, DKI Jakarta, adalah surga bagi wisatawan berhobi menyelam karena mempunyai pantai dan ekosistem bawah laut yang indah.


Pulau Sepa menjadi tempat favorit bagi para penyelam. Menyelam dan snorkeling sendiri adalah kegiatan utama di pulau ini. Pulau Sepa juga adalah tempat mengasikkan untuk memancing. Begitu tiba, setelah menempuh perjalanan selama 90 menit dari dermaga Marina, Ancol, Anda akan langsung disapa nuansa tropis yang sangat alami nan menyegarkan dari pulau ini.

Paket wisata akhir tahun di Pulau Sepa ditawarkan pada Rp2,1 juta sampai Rp2,7 juta per orang untuk akomodasi selama 3 hari 2 malam. Harga sudah termasuk perjalanan kapal pulang pergi, games dan door prize.

Dibandingkan dengan pulau-pulau di Kepulauan Seribu lainnya, Pulau Sepa adalah salah satu pulau dengan pasir pantai terbaik karena kealamiannya terjaga dan tepi pantainya belum ditutupi bebatuan seperti kebanyakan pantai di Jakarta. Anda niscaya tidak akan bosan melaluinya. Sisi lain Ibukota yang nyaman dan alami, menciptakan panorama indah yang membuat pikiran menjadi lebih tenang. Wisatawan bisa singgah sejenak ke beberapa pulau di sekitarnya. Sepanjang perjalanan dari Marina ke Pulau Sepa, Anda akan ditemani oleh air laut berwarna biru jernih.

Pinggir pantai yang bersih dengan laut nan jernih membuat pulau ini terlihat lebih cantik dibandingkan  pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu. Saking jernihnya, penyelam dan snokeler bisa melihat karang-karang cantik dan biota laut lainnya di dasar laut. Koral-koral indah, ikan-ikan hias dengan warna dan ukuran beraneka adalah tuan rumah yang wajib Anda temukan saat menyelam di Pulau Sepa.

Surga penyelam

Tidak heran, bila destinasi ini disebut sebagai surga penyelam di ujung Jakarta. Di sini, wisatawan juga bisa menikmati beragam wana wisata dan olahraga air. Beberapa olahraga air yang digemari traveler adalah waterski, banana boat, canoe, flying fox, knee board, glass board, boat rental, snorkeling, scuba diving, dan jetski.

Untuk pelancong berhobi mancing, tersedia terumbu karang yang menjadi area pemancing melakukan "strike!". Wisatawan juga dapat menikmati atraksi baru di Pulau Sepa bernama marine walk. Sebuah alat berupa helm teknologi Jepang dimanfaatkan untuk menikmati keindahan bawah laut. 

Anda tak perlu waswas turun ke laut dengan alat ini. Para penyelam membantu turun hingga ke dasar laut berkedalaman enam meter itu. Helm seberat 37,5 kilogram itu dipasang ketika kepala Anda akan menyentuh air laut. Di dalam air, helm ini malah terasa ringan.

Mereka yang datang pada akhir pekan lebih menyukai enikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling, menyelam, mengayuh kano ke tengah laut, dan menaiki banana boat.  Jetskiy, glass board, dan watersky juga dapat dilakukan di sini. Setiap alat dikenai harga sewa bervariasi, tergantung waktu pemakaian.

Cottage berada di bibir pantai dan jumlahnya ada 38 unit cottage dengan masing-masing mempunyai satu kamar tidur. Cottage ini berupa panggung dengan tangga, dinding dilapisi anyaman bambu beratap sirap.  Setiap cottage dibangun dan didesain menyatu dengan alam sekitar, dilengkapi air-conditioning, TV, teras pribadi, bathroom dengan shower.

Pulau Pari

Selain Pulau Sepa, Anda juga mesti mengunjungi Pulau Pari yang menjadi salah satu destinasi wajib kunjung bagi mereka yang mengaku penyuka panorama laut. Panaroma Pulau Pari memang memukau. Anda bahkan akan mendapatinya sebagai surga tersembunyi. Hamparan pasir putih, air laut jernih kebiruan seluas mata memandang, berpadu dengan beragam biota laut lucu nan mengggemaskan.  Ini semua tersaji tanpa henti untuk Anda.

Untuk menuju ke Pulau Pari, Anda bisa menempuhnya dengan naik perahu melalui dermaga Ancol atau Muara Angke. Keduanya sama, yang berbeda adalah pada ongkos yang harus Anda keluarkan. Kalau lewat Ancol bisa melewati agen wisata Kepulauan Seribu. Pulau Pari juga tidak hanya sebagai tempat berlibur, tapi jupa sistus ekowisata tempat bernaungnya hutan mangrove yang adalah ciri khas pulau ini. Bahkan wisatawan dapat melihat dan berperan serta memelihara mangrove seperti dilakukan anak-anak penghuni pulau ini.

Ada tiga spot snorkeling yang menjadi andalan Pulau Pari. Ketiganya adalah Karang Kapal, Area Perlindungan Laut dan Bintang Rama. Cukup merogoh kocek Rp35.000, wisatawan bisa ber-snorkeling atau menyelam dangkal pada kedalaman laut yang jernih di salah satu spot tersebut.

Setelah menikmati rindangnya hutan mangrove dan menjelajah terumbu karang, wisatawan dapat beristirahat sembari menikmati hangatnya suasana matahari tenggelam di pantai Pasir Perawan.

No comments:

Post a Comment