December 5, 2017

Deretan Pegunungan Di Jawa Tengah



Jawa tengah merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki daerah dengan nuansa alam yang lengkap. Dari pantai, hutan, sampai dataran tinggi bisa ditemukan di provinsi ini. Bukan cuma tentang alamnya, Jawa tengah juga memiliki budaya yang khas dan kaya, salah satunya pengaruh kerajaan mataram yang pernah berdiri di wilayah solo. Tetapi kali ini, akan lebih spesifik membicarakan masalah alamnya, terutama tentang gunung nya, yang ternyata juga menarik banyak pendaki dari luar jawa tengah untuk menaiki nya.

Dari jawa tengah bagian timur, tepatnya di pantura, ada salah satu gunung yang menjulang di antara dataran rendah yang membentang, yaitu Gunung Muria, berada di daerah Kudus dan Jepara, gunung ini juga merupakan tempat salah satu wali songo menyebarkan ajaran islam nya, yang di kenal Sunan Muria.

Bergeser ke barat, dengan posisi ada ditengah, ada gunung ungaran. Gunung ini berada di kota ungaran, yang bisa ditempuh 1 jam dari kota semarang. Di sekitar gunung ini, juga terdapat objek wisata umbul sido mukti dan gedong songo, yang juga merupakan jalur pendakian menuju gunung ungaran.

Sekitar 1 jam dari kota ungaran, jika kita bergeser ke selatan, ada 4 gunung yang akan “berjejer” yaitu gunung andong yang berada di ngablak magelang, gunung telomoyo yang berada di daerah kopeng, gunung merbabu yang berada di wilayah boyolali, salatiga dan magelang, serta gunung merapi yang berada di wilayah boyolali dan Yogyakarta.

Selain itu, masih ada gunung Lawu, secara administratif mungkin masuk di are jawa timur, tetapi untuk memulai pendakian, dapat juga di akses melalui daerah tawangmangu.

Di jawa tengah bagian barat, terdapat beberapa gunung yang juga menawan. Dieng yang terkenal dengan wisata alamnya, juga memiliki gunung yang banyak di daki para pendaki, yaitu prau. Selain itu juga ada gunung sindoro dan sumbing yang menjepit kota wonosobo. Dan jika bergeser ke barat lagi, ada salah satu gunung yang merupakan gunung tertinggi ke 2 di pulau jawa, yaitu gunung slamet, yang dapat diakses dari purbalingga dan purwokerto.


Keberadaan gunung-gunung ini membuat jawa tengah bukan hanya menawan dari segi budaya nya, tetapi juga dari segi keindahannya dengan gunung tinggi yang menjulang kokohnya. Dengan perpaduan budaya dan keindahan alam inilah, yang semakin mendorong banyak pendaki yang rela menempuh perjalanan demi bisa menginjakkan kaki di gunung-gunung tersebut

No comments:

Post a Comment