November 23, 2012

Cara Jepang Mengatasi Banjir


Jepang, terbayang di pikiran kita sebagai suatu Negara yang maju dengan ketinggian  gedung-gedungnya,  kemajuan teknologinya, keindahan alamnya, budayanya.

Negeri empat musim ini pun terkenal sebagai negara yang bersahabat dengan gempa bumi. Sama halnya seperti di Indonesia, Jepang pun terjadi hujan yang berakibat banjir. Tetapi, ternyata Jepang memiliki cara untuk menghadapi hujan dan badai yang menerpa, yaitu dengan membuat saluran air di bawah tanah, dimana saluran ini berada di sebagian besar wilayah Jepang. Saluran ini nantinya akan membuang air hujan ke laut. Berikut ini, gambar-gambar saluran pembuangan air di Jepang.














Bagaimana menurut anda? Tetapi, pada dasarnya untuk menghadapi banjir, bukan hanya dibutuhkan teknologinya, metodenya, maupun peralatannya. Peran serta masyarakatnya, menjadi bagian penting dalam masalah penanggulangan banjir, dengan berusaha menjaga kelestarian alam yang ada maupun dengan menjaga kebersihan lingkungan yang dapat dimulai dengan menjaga lingkungan tempat tinggal sekitar.


No comments:

Post a Comment